Thursday, April 11, 2013

DEFINISI DAN MACAM – MACAM ZAKAT


Zakat menurut bahasa adalah bersih, tumbuh, berkah dan pujian. Istilah zakat dengan makna tersebut terdapat dalam al-Qur-an dan al-Hadist. Allah Ta’ala berfirman:
ß,ysôJtƒ ª!$# (#4qt/Ìh9$# Î/öãƒur ÏM»s%y¢Á9$# ...  
Terjemahnya: “Allah memusnahkan Riba dan menyuburkan sedekah…” (QS. Al Baqarah: 276)
Zakat berarti juga tumbuh, bertambah dan membaik. Berkata Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalani: zakat dari segi lughat adalah berkembang. Dikatakan, “tanaman itu telah zaka”, yaitu ketika (tanaman) itu berkembang (tumbuh).
Definisi zakat menurut istilah mencakup sebagai berikut:
Zakat adalah beribadah kepada Allah Ta’ala dengan mengeluarkan hak yang wajib,  yang tertentu menurut syara’, dari harta tertentu, pada waktu tertentu, bagi golongan tertentu dengan syarat yang tertentu pula. Allah Ta’ala berfirman:
õè{ ô`ÏB öNÏlÎ;ºuqøBr& Zps%y|¹ öNèdãÎdgsÜè? NÍkŽÏj.tè?ur $pkÍ5 Èe@|¹ur öNÎgøn=tæ ( ¨bÎ) y7s?4qn=|¹ Ö`s3y öNçl°; 3 ª!$#ur ììÏJy íOŠÎ=tæ ÇÊÉÌÈ  
Terjemahnya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.” (QS. At-Taubah: 103).
          Zakat (pembersih, penyuci) ada 3 macam:
1.  Zakatun Nafsi (Pensuci jiwa)
Allah Ta’ala berfirman:
<§øÿtRur $tBur $yg1§qy ÇÐÈ   $ygyJolù;r'sù $yduqègéú $yg1uqø)s?ur ÇÑÈ   ôs% yxn=øùr& `tB $yg8©.y ÇÒÈ  
Terjemahnya: “(Demi) jiwa serta penyempurnaanya (ciptaannya). maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketaqwaannya. sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu.” (QS. Asy-Syam: 7-9).
Pensucian jiwa adalah dengan membersihkan jiwa dari syirik, kufur, nifaq, dosa-dosa, maksiat dan akhlak tercela.
2.  Zakatul Badan (Pensuci badan)
Yaitu zakat fitrah, dengan selesainya puasa ramadhan yang diberkahi. Dalam hadits Ibnu Abbas Radiallahu anhuma, disebutkan: “Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam memfardukan zakat fitrah, sebagai pembersih bagi orang yang puasa dari perbuatan sia-sia dan perkataan kotor,  dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin.
3.  Zakatul Amwaal (Pensuci harta)
Merupakan salah satu rukun islam. Ia adalah pendamping shalat. Ia mensucikan harta dan jiwa sekaligus membuat keduanya berkah.

No comments:

Post a Comment